Banjarbaru Transport

Kota monyet pulau kembang

kota monyat pulau kembang

MENIKMATI uniknya ‘Pasar Terapung’ — sebuah pasar tradisional di aliran Sungai Barito, kurang lengkap jika tidak melanjutkan perjalanan ke Pulau Kembang. Pulau yang berada di tengah-tengah sungai Barito, masuk Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau yang letaknya tak jauh dari Pasar Terapung itu dihuni banyak kera dengan vegetasi hutan belukar rawa, dan banyak pohon nipah.

Kalau beruntung kita bisa bertemu dengan Bekantan – monyet ekor panjang berwarna kuning dengan mocong hidung yang panjang. Di Pulau Kembang ini kita bisa menikmati dari dekat koloni kera yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan diperkirakan ribuan.

Pulau Kembang adalah sebuah delta seluas 60 Ha yang terletak di tengah Sungai Barito dan merupakan habitat kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung. Pada tahun 1976, pulau ini ditetapkan sebagai hutan wisata berdasarkan SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum12/1976.

Pulau ini sendiri dikelola oleh Balai Konservasi sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan, Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan. Di pulau ini kita bisa menikmati suasana pulau ditengah sungai. Pulau ini berada tidak jauh dari Pelabuhan Trisakti, dimana para kapal-kapal besar sebelum masuk ke Pelabuhan Trisakti harus melewati pulau kerajaan para kera ini.

 

Leave a Response