Banjarbaru Transport

Pulau Telo Jadi Kunjungan Wisata Kapuas

Potensi alam dan budaya akan menjadi sebagai modal utama industri pariwisata di Kabupaten Kapuas. Bahkan 2012, kabupaten ini mulai mencanangkan Visit Kapuas Year atau tahun kunjungan wisata.

Untuk program tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kapuas pada 11 Januari 2011 dijadwalkan melakukan ekspos ke Kementerian Pariwisata dan Budaya di Jakarta. Beberapa hal yang juga ingin disampaikan menyangkut desain ulang Pulau Telo.

"Dengan potensi alam dan budaya yang dimiliki, Kapuas siap mencanangkan tahun kunjungan wisata 2012. Tinggal memolesnya sehingga dalam waktu tersedia cukup membenahi semua hal yang dibutuhkan," ujar Kepala Disporabudpar Edy Lukman Hakim, Kamis (9/12/2010).

Selain wisata alam Pulau Telo, potensi lain yang ditawarkan pada program tahun kunjungan ini antara lain wisata Rumah Betang di Sungai Pasah, Kecamatan Kapuashilir. Ini mengingat, pembangunan rumah betang telah mulai digarap pada 2011.

Rencana pengembangan Pulau Telo sebagai kawasan wisata sebelumnya mulai ada tanda-tanda terwujud setelah sebuah perusahaan konsorsium asal Malaysia menyatakan tertarik mengelola pulau tersebut.

Meski sejauh ini studi kelayakan belum juga dilakukan oleh pihak calon investor, Edy mengaku optimistis program redesain atas pulau tersebut akan menarik wisatawan asing maupun domestik.

Dalam sejarahnya, rencana mengembangkan pulau itu pernah mencuat pada era 1996 saat program pengembangan lahan gambut sejuta hektare dilaksanakan.

Bahkan ketika itu PT Sumatera Timur Indonesia (STI) dari Jakarta,


Tagged as:

Leave a Response